Lihat Semua : videografis

Kanker, penyakit berbahaya di Indonesia?


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Nur Halimah Syafira / Desain : Nur Halimah Syafira /   View : 2.711

Indonesiabaik.id - Hari ini, tanggal 4 Februari 2023 diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Kanker adalah penyakit tak menular yang ditandai dengan adanya sel atau jaringan abnormal, yang sifatnya ganas, bertumbuh cepat, dan menyebar ke bagian tubuh manusia.

Data dari Globocan yang dirilis badan kesehatan dunia (WHO), di Indonesia, pada tahun 2020 terdapat 396.914 kasus baru, dan 234.511 kematian akibat kanker. Kanker juga bisa menyerang siapapun dan jenisnya juga beragam.

Namun, ada beberapa jenis kanker yang menyerang ke jenis kelamin atau umur tertentu. Hal yang sama juga dikatakan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Cut Putri Arianie. Ada beberapa faktor risiko kanker yakni usia, jenis kelamin atau keturunan, dan ras atau etnik di beberapa negara.

Jenis kanker itu mulai dari Kanker yang sering muncul pada pria, yaitu kanker paru, kanker kolorektal, kanker prostat, dan kanker hati. Lalu, jenis kanker yang sering dialami oleh wanita adalah kanker payudara, kanker leher rahim, kanker kolorektal, kanker ovarium, hingga kanker paru.

Sedangkan kanker yang sering terjadi pada anak-anak ada kanker darah (leukimia) Sesuai dengan tema hari kanker sedunia tahun 2023, yang mengusung tema “Close the Care Gap” untuk menegaskan bahwa setiap orang mampu melakukan perubahan nyata untuk mengurangi dampak kanker secara global.

Mulai sekarang, untuk menghindari penyakit kanker, yuk kita teraokan pola hidup CERDIK. Yaitu, Cek kesehatan berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup, hingga Kelola stres.



Videografis Terkait