Lihat Semua : videografis

Apa Sih Nyamuk Wolbachia itu?


Dipublikasikan pada 2 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Putri Isnur / Desain : Irfan Nur Rahman /   View : 667

Indonesiabaik.id - Wolbachia adalah bakteri alami pada 50% serangga dan berperan sebagai simbion (tanpa dampak negatif). Tujuan penerapan Wolbachia di Indonesia adalah untuk penanganan DBD, dan hal ini merupakan komitmen Indonesia dalam mencapai nol kematian akibat DBD pada 2030.

Teknologi Wolbachia diimplementasikan dengan metode "Penggantian". Jadi, nyamuk jantan dan betina ber-Wolbachia dilepaskan ke populasi alami untuk berkawin dengan nyamuk setempat dan menghasilkan keturunan yang mengandung Wolbachia.

Hal ini membuat nyamuk tersebut tidak mampu lagi menularkan virus dengue. Penyebaran nyamuk Wolbachia telah dilakukan di beberapa kota di Indonesia, termasuk Semarang, Bandung, Jakarta Barat, Kupang, dan Bontang.

Sebelumnya, program ini telah berhasil diimplementasikan di Yogyakarta pada 2016 dan telah membawa penurunan signifikan dalam kasus DBD. Pada tahun 2016, jumlah kasus DBD di Yogyakarta mencapai 1.700, namun pada tahun 2023, kasusnya hanya mencatatkan 67 kasus. Program ini dianggap berhasil oleh Pemerintah Kota Yogyakarta dalam menangani penyebaran DBD.



Videografis Terkait