Lihat Semua : motion_grafis

Yuk, Cuci Maskermu dengan Benar!


Dipublikasikan pada 5 months ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, M. Ishaq Dwi Putra /   View : 319

Indonesiabaik.id   -   Penggunaan masker kain menjadi hal yang harus dilakukan oleh tiap orang saat pandemi. Menurut data, pemakaian masker efektif dapat menangkal virus hingga 70%. Masker kain dinilai dapat menekan penularan virus korona dari droplet yang menjadi asal virus.

Namun masker kain memiliki cara perawatan yang harus diperhatikan agar tetap efektif.
Mencuci masker secara rutin harus dilakukan dengan benar ya SohIB. Mengenai pencuciannya, agar hasil lebih maksimal, anda dapat menggunakan deterjen dan air panas pada 60 derajat Celcius seperti yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), untuk merawat kain yang terkontaminasi.


Pengeringan masker kain sama butuh perhatian sebagaimana proses pencuciannya. Pengeringan dengan suhu tingga adalah yang terbaik dalam membunuh kuman. Sebaiknya keringkan masker di suhu tinggi paparan sinar matahari, atau bisa menggunakan pengering panas. Setelah kering, sterilisasi masker kain juga perlu dilakukan dengan menyetrikanya. Penggunaan suhu bus disesuaikan dengan jenis kain yang dipakai.

Selain cuci masker, pemakaian masker yang benar juga harus diperhatikan, seperti sebaiknya pemakaian masker kain tidak lebih dari 4 jam dan menggantinya jika sudah basah atau lembab, untuk mencegah virus tidak bertahan. 

Yuk, pakai maskermu SohIB.



Motion Grafis Terkait