Lihat Semua : motion_grafis

[Motion Grafis] Bisa Bikin Komplikasi Hipertensi Mesti Segera Diobati


Dipublikasikan pada 5 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Siap Bangun Negara / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 1.104

Indonesiabaik.id - Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi memiliki potensi berbahaya untuk tubuh manusia. Mengapa? Karena hipertensi merupakan penyebab paling umum terjadinya kardiovaskular, penyakit yang menjadi penyebab nomor satu kematian manusia di dunia setiap tahunnya.

Terkait dengan risiko dari mengidap hipertensi, sosialisasi mengenai potensi bahaya dari penyakit ini terlihat masih kurang di Indonesia. Karena data Riskesdas 2013 dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyebutkan bahwa di Negeri ini hanya 0,7 orang yang terdiagnosis tekanan darah tinggi minum obat hipertensi.

Hal tersebut menunjukkan bila sebagian besar penderita hipertensi tidak menyadari bahwa dirinya telah menderita hipertensi ataupun mendapatkan pengobatan. Padahal patut dicatat dan dicermati, hipertensi yang tidak mendapat penanganan yang baik bisa menyebabkan komplikasi seperti penyakit stroke, jantung koroner, diabetes, gagal ginjal, hingga kebutaan. Stroke (51%) dan jantung koroner (45%) merupakan penyakit dengan penyebab kematian tertinggi.

Pun, kerusakan organ target akibat komplikasi hipertensi akan tergantung kepada besarnya peningkatan tekanan darah dan lamanya kondisi tekanan darah yang tidak terdiagnosis dan tidak diobati. Organ-organ tubuh yang menjadi target komplikasi hipertensi antara lain otak, mata, jantung, ginjal, dan dapat juga berakibat kepada pembuluh darah arteri perifer itu sendiri.



Motion Grafis Terkait