Lihat Semua : infografis

Yuk, Kawal Bersama Pemilu 2024


Dipublikasikan pada 2 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 35.240


indonesiabaik.id - Setelah proses pemungutan suara yang berlangsung pada 14 Februari 2024 lalu, masyarakat masih bisa berperan sebagai pemilih cerdas, yakni mengawal pemilu hingga akhir rekapitulasi suara.

Rekapitulasi Suara Itu Berjenjang

Meski dalam satu hari alias dalam hari yang sama, hasil pemilu bisa diketahui dari data penghitungan yang dilakukan lembaga survei dan hitung cepat. Namun, hasil suara pemilu yang nyata dan resmi ialah tetap pada proses rekapitulasi KPU.

Perhitungan suara Pemilu 2024 memang berlangsung selama dua hari yakni pada Rabu (14/2/2024) hingga Kamis (15/2/2024). Namun, selanjutnya rekapitulasi hasil perhitungan suara akan terus berlanjut pada Kamis (15/2/2024) hingga Rabu (20/3/2024).

Proses rekapitulasi resmi oleh KPU tidaklah selesai satu hari, melainkan dilakukan berjenjang dari sejak di TPS hingga ke KPU pusat. 

Dimulai dari pencoblosan tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS), hasilnya akan dicatat dalam formulir model C1.

Kotak suara beserta isinya dan dokumen administrasi dilimpahkan ke tahap kecamatan. Pada tahapan ini, perhitungan berlanjut dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). 

Rekapitulasi sejenis selanjutnya dilakukan di tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi oleh KPU provinsi, dan terakhir dilakukan di tingkat nasional oleh KPU. Hasilnya ditetapkan sebagai hasil rekapitulasi suara nasional.

Lalu apa yang bisa dilakukan?

Nah, sebagai pemilih cerdas, tugas kita tidaklah hanya sampai saat mencoblos saja.

Baiknya, kita terus mengawal pemilu hingga akhir. Terlebih, sejak tingkat TPS merupakan pengawalan pemilu yang terpenting.

Setiap orang bisa melakukan laporan, mulai dari dugaan kecurangan pemilu, hingga pelanggaran kampanye.

Caranya mudah. Cukup menggunakan laman tertentu untuk melaporkan.

Jika menemukan dugaan kecurangan pemilu, segera laporkan ya!

Akses laman:

  • sigaplapor.bawaslu.go.id

  • layanan.kominfo.go.id

  • lapor.go.id

  • jagapemilu.com

  • kawalpemilu.org

  • jagasuaramu.id

atau kirim email ke alamat 

  • ayolapor@bawaslu.go.id

  • aduankonten@mail.kominfo.go.id



Infografis Terkait