Lihat Semua : infografis

Tips Pakai Masker Aman Pada Anak


Dipublikasikan pada one month ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Chyntia Devina /   View : 387


Indonesiabaik.id - Pakai Masker adalah bagian dari protokol kesehatan untuk mencegah penularan infeksi COVID-19 termasuk juga pada anak-anak. Namun bagaimana Pakai Masker yang tepat dan benar untuk anak-anak?

Anjuran Pakai Masker Pada Anak

WHO dan UNICEF merekomendasikan anak usia di bawah 5 tahun untuk tidak perlu diwajibkan untuk pakai masker.  Anjuran ini dibuat demi keselamatan anak dan fakta bahwa setiap anak boleh jadi mencapai tahap perkembangan pada usia yang berbeda-beda.

Sedangkan anak usia 6-11 tahun dapat pakai masker yang disesuaikan berdasarkan tingkat risiko, seperti risiko penularan lokal, kemampuan anak untuk mematuhi aturan, kehadiran orang dewasa, dan pertimbangan lain seperti kondisi disabilitas atau penyakit bawaan. Terakhir, untuk anak usia di atas 12 tahun dianggap mengerti fungsi pakai masker dan karenanya mengikuti aturan pakai masker untuk orang dewasa.

Tips Pakai Masker Pada Anak

Untuk orang tua yang hendak memakaikan masker pada anak, harap memperhatikan ukuran masker yang sesuai. Pilih yang cocok atau buat sendiri masker untuk anak. Pastikan anak bisa bernapas dengan nyaman, termasuk saat berjalan cepat dan berbicara, juga pastikan masker tutupi area mulut, hidung, dan dagu tanpa celah pada sisi wajah, serta tidak menghalangi pandangan anak.

Orang dewasa juga perlu memperhatikan durasi pemakaian masker pada anak, serta menggantinya maksimal tiap 4 jam sesuai anjuran atau jika masker robek, basah dan kotor.



Infografis Terkait