Lihat Semua : infografis

Sedang Puasa, Kapan Waktu Tepat Tes GeNose C19?


Dipublikasikan pada 2 months ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Chyntia Devina /   View : 845


Indonesiabaik.id - Tes GeNose C19 telah banyak digunakan untuk screening COVID-19 di berbagai fasilitas publik. Bahkan, beberapa hari lalu Pemerintah menyatakan tes GeNose C19 bisa digunakan untuk syarat perjalanan.

Namun, ada beberapa hal yang menjadi syarat agar tes GeNose C19 mendapatkan hasil yang akurat. Apalagi, saat ini umat muslim tengah menjalankan ibadah ramadan di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Kapan Waktu Tepat Tes GeNose C19 Saat Puasa?

Peneliti mengungkap ada beberapa syarat yang harus dipatuhi sebelum menjalani tes GeNose saat puasa. Pemeriksaan GeNose dianjurkan saat pagi hari maksimal 6 jam setelah sahur.

Pasalnya,  jika tes dilakukan lebih dari 6 jam usai sahur dikhawatirkan ada peningkatan asam lambung. Kondisi itu dapat memengaruhi hasil pembacaan GeNose. Selain itu, waktu lain yang dianjurkan untuk pemeriksaan GeNose adalah setelah berbuka puasa.

Pada hari-hari biasa, untuk skrining adanya infeksi virus SARS Cov-2 lewat embusan napas ini pengguna diminta untuk puasa atau tidak makan/minum  yang berbau khas. Selain itu, juga tidak merokok sekitar 30 menit  hingga 60 menit sebelum pemeriksaan. Dengan begitu, meminimalkan terjadinya positif palsu hasil pembacaan GeNose C19 dan bisa memberikan hasil yang akurat.



Infografis Terkait