Lihat Semua : infografis

Rapid Test di Stasiun Kereta


Dipublikasikan pada 6 months ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 1.318


Indonesiabaik.id   -   PT KAI (Persero) bekerja sama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI menyediakan layanan rapid test COVID-19 di beberapa stasiun untuk calon penumpang kereta jarak jauh, yang menjadi salah satu syarat untuk bepergian.

Calon penumpang yang belum melakukan rapid test, maka dapat melakukan tes di stasiun. Layanan rapid test akan tersedia di 12 stasiun, dengan jam pelayanan mulai pukul 07.00 sampai dengan 19.00. 

Apa yang harus diperhatikan jika ingin melakukan rapid test di stasiun?

Syarat untuk ikut rapid test ialah penumpang cukup menunjukkan kode booking atau tiket kereta. Selain itu, jika melakukan tes di hari keberangkatan, sebaiknya datang lebih awal dari jadwal keberangkatan. Jika calon penumpang menggunakan kereta api dengan jadwal pagi hari, maka sebaiknya melakukan rapid test sehari sebelumnya.

Mereka yang ingin melakukan rapid test di stasiun sebelum naik kereta api, agar tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak. Tidak ada ketentuan berapa hari sebelum keberangkatan calon penumpang harus melakukan  rapid test. Yang perlu diingat, jangka waktu rapid test adalah 14 hari. Hasil rapid test bisa digunakan untuk naik kereta lebih dari sekali.

Penyediaan layanan rapid test di stasiun merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI dalam rangka menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api. PT KAI juga telah menerapkan beberapa protokol kesehatan di antaranya pengecekan suhu sebelum berangkat dan setiap 3 jam sekali di atas kereta. Selain itu, disediakan face shield gratis bagi penumpang.



Infografis Terkait