Lihat Semua : infografis

Ketahanan Pangan Terjamin dengan Food Estate


Dipublikasikan pada 6 months ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 635


Indonesiabaik.id - Pembangunan pertanian harus dilaksanakan dalam skala ekonomi yang lebih luas yakni pengembangan kawasan lumbung pangan atau food estate.

Pembangunan Food Estate

Menurut data Kementerian Pertanian, kini pihaknya tengah mengejar pembangunan lumbung padi nasional (food estate). Salah satunya di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah tengah dibangun di lahan seluas 165.000 hektare. Adapun 85.500 hektare di antaranya lahan fungsional yang sudah berproduksi tiap tahunnya. Sementara 30.000 hektar diperkirakan akan segera rampung.

Tak hanya itu, food estate juga tengah dilakukan pada lahan seluas 1000 hektare di Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara.

Meningkatkan hasil pertanian nantinya juga dilakukan dengan mengoptimalkan lahan pertanian yang sudah ada dengan sentuhan teknologi, seperti alat pertanian, pemberian bibit unggul, pemupukan berimbang serta penggunaan alat mesin pertanian dalam menunjang seluruh proses budidaya tanam pada food estate.

Dengan adanya food estate, diharapkan daya saing produk lokal semakin meningkat, impor komoditas pangan dapat ditekan dan daya saing harga produk komoditas pangan lokal meningkat, serta biaya produksi dapat menjadi lebih murah.



Infografis Terkait