Lihat Semua : infografis

Kenal Lebih Dekat dengan Tradisi Melukat


Dipublikasikan pada one month ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 430


indonesiabaik.id - Melukat menjadi salah salah satu tradisi yang akan diperkenalkan Indonesia dalam gelaran World Water Forum ke-10 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, 18-25 Mei 2024.

Melalui kegiatan ini para delegasi diharapkan dapat menyelami proses Melukat yang secara khusus memiliki makna spiritual bagi masyarakat Bali dengan menggunakan media berupa air.

Apa Itu Melukat?

Melukat atau Balinese Water Purification Ceremony merupakan ritual adat khas Bali yakni pembersihan diri dan jiwa manusia dengan menggunakan sarana air. Ritual ini dilakukan dengan konsep kegiatan Rahina Tumpek Uye dan Upacara Segara Kerthi. 

Istilah melukat sendiri berasal dari kata ‘sulukat’.  Kata ‘su’ artinya baik, sementara ‘lukat’ artinya penyucian. Secara sederhana, melukat dapat diartikan sebagai penyucian yang baik.

Tradisi ini bertujuan untuk membersihkan jiwa dan menyucikan diri baik jasmani maupun rohani dari hal yang bersifat buruk dengan menggunakan media air yang bersumber dari mata air.

Diharapkan, peserta yang mengikuti Melukat dapat menyelami proses upacaranya, yang secara khusus memiliki makna spiritual bagi masyarakat Bali. 

Ingin tahu lebih banyak mengenai penyelenggaraan 10th World Water Forum Indonesia 2024? Yuk baca Worldwaterforumpedia yang dapat diakses melalui s.id/worldwaterforumpedia



Infografis Terkait