Lihat Semua : infografis

Busok, Kucing Ras Asli Indonesia


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Chyntia Devina /   View : 33.911


indonesiabaik.id - Kucing Busok merupakan ras kucing asli Indonesia dan termasuk kucing endemik karena hanya ada di Pulau Raas, Madura.

Ciri Fisik Kucing Busok

Masyarakat mengenal kucing busok dengan tiga sebutan, yaitu kucing Busok, kucing Raas dan kucing Madura.

Ciri khas Kucing Busok yaitu ukurannya yang lebih besar dari kucing kampung dengan bentuk kepala agak persegi di bagian atas dan agak lancip di bagian dagu. Sementara pada bagian hidung, Kucing Busok memiliki ukuran sedang.

Kucing Busok memiliki telinga runcing dan mencuat ke atas. Jika dilihat dari bulunya, kucing ini berwarna abu-abu kebiruan polos dengan tekstur bulunya lebih tebal dari kucing kampung biasanya. Yang unik, bentuk ekornya bengkok pada ujungnya.

Fakta Menarik Kucing Busok

Konon, pada tahun 1990-an, Kucing Busok sempat jadi oleh-oleh bagi tamu istimewa yang mengunjungi Madura. Karena kegiatan itu, keberadaan Busok lambat laun semakin langka.

Oleh karenanya, Pemerintah Kabupaten Sumenep melarang kegiatan tersebut. Masyarakat Pulau Raas pun melarang pendatang untuk membawa kucing Busok ke luar pulau. Bagi masyarakat yang  ingin mengeluarkan kucing Busok dari Pulau Raas, maka kucing wajib dikebiri/disteril terlebih dulu guna menjaga kemurnian rasnya.



Infografis Terkait