Lihat Semua : infografis

Karisma Event Nusantara 2023


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 6.025


Indonesiabaik.id - Kemenparekraf terus bangkitkan event daerah dengan promosi destinasi wisata lewat beragam festival, salah satunya Karisma Event Nusantara (KEN). Sekadar informasi, Kharisma Event Nusantara atau KEN, merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf bersama Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder pariwisata untuk menaikkan citra pariwisata Indonesia dan penggerak kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Festival di KEN 2023

Di tahun ketiganya, Kharisma Event Nusantara kembali merangkum 110 event unggulan yang telah dikurasi dari 291 event usulan Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia. Proses kurasi KEN 2023 telah dilakukan pada November-Desember 2022 lewat tiga tahapan utama yaitu seleksi administrasi, konsep, dan wawancara.

KEN Festival 2023 juga menampilkan sejumlah pengisi acara mulai dari pegiat seni hingga seniman musik yang berasal dari daerah masing-masing. Ada Aceh Culinary Festival, Banjarmasin Sasirangan Festival, Bogor Street Festival/Cap Go Meh, Jember Fashion Carnaval, Tomohon International Flower Festival dan masih banyak lagi.

Keuntungan KEN 2023

Dalam pelaksanaannya, KEN turut menyediakan lapangan kerja dan menyerap 55.000 pelaku seni/event, 11.000 pekerja, dan 250 asosiasi/komunitas. Di KEN tahun 2023, menurut Sandiaga Uno belajar dari KEN tahun lalu, berhasil meningkatkan 3 juta pergerakan wisatawan.



Infografis Terkait