Lihat Semua : infografis

Efektivitas Kombinasi Masker Ganda untuk Cegah COVID-19


Dipublikasikan pada 2 months ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 433


Indonesiabaik.id - Penggunaan masker dapat mengurangi risiko penularan virus corona, tetapi penggunaan masker ganda yang berukuran pas di wajah kemungkinan secara signifikan mengurangi risiko penularan virus corona.

Kombinasi Masker Ganda

Tidak hanya soal jenis bahan, namun juga penggunaan yang pas dan menutupi daerah pernapasan wajah dengan rapat. Apalagi saat ini varian baru virus corona mulai menyebar dengan kemampuan penularan yang lebih kuat.

Dilansir dari situs resmi CDC, cdc.gov, penelitian terbaru CDC tersebut merekomendasikan penggunaan kombinasi masker karena mampu mengurangi resiko penyebaran hingga 96,5 persen. Paparan terhadap partikel menular turun hingga sekitar 95 persen, ketika menggunakan kombinasi masker medis dan masker kain.

Begitu juga dengan masker medis dengan tali yang diikat dan dikaitkan ke telinga dengan erat, sehingga tidak ada celah di antaranya. Hasil dari percobaan, masker medis tanpa diikat hanya dapat menghalangi 56,1 persen dari partikel batuk yang disimulasikan.

Masker kain hanya dapat mengalangi sekitar 51,4 persen. Sementara kombinasi masker medis dan masker kain menghalangi sekitar 85,4 persen partikel batuk. Masker medis yang diikat mengalangi 77 persen. Masker kain di atas masker medis menurunkan paparan dari yang tak mengenakan masker sebesar 82,2 persen.

Ketika sumber dan penerima sama-sama menggunakan masker ganda atau masker yang diikat erat, jumlah paparan yang diterima berkurang sampai 96,4 persen dan 95,9 persen. Oleh karena itu, gunakan masker yang sesuai untuk mencegah penyebaran Covid-19.



Infografis Terkait