Lihat Semua : infografis

Daftar Area Tercakup Sinyal 5G


Dipublikasikan pada one month ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 336


indonesiabaik.id - Tiga operator seluler telah mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) usai lulus Uji Laik Operasi (ULO) untuk menggelar layanan 5G.

Apa saja?

Adapun ketiga operator seluler yang sudah diizinkan pemerintah untuk menggelar layanan 5G secara komersial di Indonesia, yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata.

Sejak 5G sudah mulai digelar wilayah Indonesia pada Mei 2021, tercatat sudah ada sejumlah kota di tanah air yang merasakan canggihnya internet 5G. Wilayah itu di antaranya Jabodetabek, Bandung, Batam, Balikpapan, Makassar, Surakarta, Surabaya, Denpasar, dan Medan.

Di mana saja tersedia sinyal 5G?

  • Telkomsel

Sebagai operator pertama yang menggelar layanan 5G di Indonesia, Telkomsel sinyal 5G hadir di wilayah Jabodetabek, yaitu di kawasan perumahan di Alam Sutera, Bumi Serpong Damai, Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk, Pondok Indah, dan Widya Chandra.

Tak hanya di situ, layanan 5G dari Telkomsel juga dengan mudah dinikmati dengan sistem Hotspot. Area-area yang sudah mendukung 5G Hotspot di antaranya beberapa gerai GraPARI di Medan, Batam, Solo, Surabaya, Balikpapan, dan Makassar. Khusus untuk Kota Bandung, layanan 5G Hostpot Telkomsel bisa dinikmati area di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Telkom (Tel-U).

  • Indosat Ooredoo

Kehadiran sinyal 5G dari Indosat Ooredoo masih terbatas hanya di beberapa kota saja, seperti Jakarta, Solo, Surabaya dan Makassar.

  • XL Axiata

XL Axiata menyuguhkan sinyal 5G kepada pelanggannya masih dengan batasan di beberapa wilayah. Contohnya seperti di area jalan Margonda di Depok, area Gedung Sate di Bandung, serta beberapa titik XL Center seperti XL Axiata Tower di Jakarta, XL Center Martadinata di Bandung, XL Center Yogyakarta, dan XL Center Pemuda di Surabaya.



Infografis Terkait