Lihat Semua : videografis

Transformasi dan Reformasi Sepak Bola Indonesia


Dipublikasikan pada 3 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Alfin Ardian /   View : 603

indonesiabaik.id - Pemerintah Indonesia dan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) sepakat untuk melakukan transformasi dan reformasi sepak bola Indonesia secara menyeluruh.

Kesepakatan Pemerintah RI dengan FIFA

Kesepakatan antara Pemerintah Indonesia dengan FIFA itu ditegaskan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) usai bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022).

Presiden Jokowi dan Presiden FIFA melakukan pertemuan di Ruang Jepara. Keduanya membahas berbagai hal penting terkait sepak bola Indonesia, utamanya setelah tragedi sepak bola di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pada 1 Oktober 2022 lalu.

Dalam pertemuan itu, dibahas terkait aspek persepakbolaan mulai dari manajemen stadion beserta fasilitas-fasilitas pendukungnya, manajemen keamanan, manajemen pertandingan terutama pengaturan waktu, hingga manajemen suporter. Kesepakatan itu memastikan agar semua aspek pertandingan berjalan sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan oleh FIFA.

Renovasi Stadion Kanjuruhan

Selain itu, pemerintah Indonesia dan FIFA juga sepakat untuk melakukan kajian ulang terhadap seluruh stadion di Indonesia.

Sebagai bagian dari transformasi, Presiden Joko Widodo menyebut akan merenovasi ulang Stadion Kanjuruhan. Rencananya, akan ada penggunaan teknologi mutakhir agar tragedi Kanjuruhan kala itu tak lagi terulang.

Menurut Presiden, Stadion Kanjuruhan yang baru nanti akan menjadi contoh bagi stadion-stadion lain di Indonesia. Yang paling ditekankan, ialah pemain maupun penonton pertandingan sepak bola harus terjamin keamanannya.



Videografis Terkait