Lihat Semua : videografis

Lahirkan Talenta Mumpuni Lewat Papua Football Academy


Dipublikasikan pada 3 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Alfin Ardian /   View : 416

indonesiabaik.id - Presiden Joko Widodo resmi meluncurkan Papua Football Academy di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, pada Rabu (31/8/2022).

Mencari Talenta Putra Papua

PFA merupakan sekolah olahraga khususnya di bidang sepak bola untuk putra Papua.

PFA ini berguna dalam mengembangkan ilmu sepak bola agar melahirkan siswa-siswa yang kompetitif, kreatif, serta berdaya saing. Sekolah yang didirikan PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kota Timika ini diikuti oleh 30 putra Papua.

Inisiasi PTFI mendirikan PFA disebut-sebut datang dari kesuksesan Provinsi Papua menggelar PON XX pada 2021 lalu. Tak hanya itu, inisiasi juga datang dari komitmen PTFI dalam investasi sosial membantu mengembangkan sumber daya manusia Papua melalui olahraga sepak bola.

Adanya PFA, pihak PTFI berharap bisa mengembalikan kejayaan olahraga sepak bola di Papua, serta membangun talenta-talenta muda Papua lebih yang lebih profesional dalam dunia olahraga.

Kegiatan Siswa di Sekolah

Sekolah ini pasalnya ditujukkan bagi anak berusia antara 14-15 tahun. Sebelumnya, anak-anak tersebut telah melalui proses seleksi pencarian bakat yang kompetitif dan transparan. Adapun 30 siswa terpilih itu akan memperoleh beasiswa penuh selama 2 tahun untuk belajar sepakbola.

Selama tinggal di asrama, semua siswa juga akan memperoleh pendidikan formal serta keterampilan. Selain berlatih, para siswa PFA akan diikutsertakan turnamen lokal, nasional, dan bahkan internasional jika memungkinkan.

Fasilitas olahraga FA cukup lengkap, terdiri dari lapangan latihan taktik, lapangan pertandingan, pusat kebugaran (Mimika Sports Centre), hingga ruangan dengan sebutan 'Markas PFA'.

Untuk tim pelatih, FPA dipimpin oleh Direktur Teknik dan Tim Pelatih bernama Wolfgang Pikal, yang punya sertifikasi kepelatihan tingkat nasional dan internasional.



Videografis Terkait