Lihat Semua : videografis

Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Segera Diterima


Dipublikasikan pada 3 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Alfin Ardian /   View : 430

indonesiabaik.id - Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) telah dikirim dari China mulai hari ini, Jumat (5/8).

Keunggulan Rangkaian Kereta

Rangkaian kereta untuk proyek KCJB ini dinamakan EMU (Electric Multiple Unit). Tak cuma EMU, ada juga rangkaian kereta inspeksi bernama unit Comprehensive Inspection Train (CIT).

Sebelumnya, satu unit CIT atau kereta inspeksi juga sudah rampung diproduksi. Sebelum dikirim ke Indonesia, 12 rangkaian kereta ini telah menyelesaikan static test dan dynamic test.

Sementara EMU, merupakan rangkaian kereta cepat dengan spesifikasi canggih dan mampu memonitor bahaya seperti bencana gempa bumi, banjir, serangan objek asing, serta tahan api.

Rangkaian EMU dan CIT KCJB ini, dirancang sesuai dengan kondisi geologis di Pulau Jawa. Terdapat teknologi canggih berupa disaster monitoring sehingga kereta tak hanya melesat dengan cepat, namun juga memiliki tingkat keamanan dan kenyamanan sangat tinggi.

Progress Proyek KCJB

Pemerintah optimistis Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) ini akan bisa beroperasi pada 2023.

Progres pembangunannya saat ini mencapai 85 persen, dan masih menyisakan beberapa pekerjaan tunnel 2, pre loading, track laying dan penyelesaian stasiun.

Kedepannya, KCJB diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antara Jakarta, Bandung, dan sekitarnya. Serta, membuat konektivitas semakin cepat dan menjadi moda transportasi alternatif yang ramah lingkungan.



Videografis Terkait