Lihat Semua : videografis

Pisang Mas Asal Indonesia Bersertifikat Internasional


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Nur Halimah Syafira / Desain : Nur Halimah Syafira /   View : 1.803

Indonesiabaik.id - Berwarna kuning, manis dan lembut. Buah asal salah satu daerah di Indonesia ini sudah mengantongi sertifikat Internasional, lho. Perkenalkan, Pisang Mas Kirana. Pisang ini jadi salah satu buah yang berhasil mengantongi sertifikasi global Good Agricultural Practices (GAP), yang merupakan sertifikat Internasional serta berlaku di seluruh dunia untuk keamanan produk. Dan dikeluarkan oleh Control Union Certification dari Belanda.

Berhasilnya pisang mas kirana Lumajang mendapatkan sertifikasi GAP dikarenakan kualitasnya terjamin dengan sistem budidaya yang digunakan masih organik. Terjaminnya pisang mas ini terlihat dari sertifkat “Prima 3” yang dikeluarkan oleh Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah Jawa Timur, sebagai penilaian produk pangan segar asal tumbuhan yang aman untuk dikonsumsi melalui pengujian residu pestida dan residu logam berat. Sertifikat ini diperoleh pada tahun 2009.

Menilik ekspor pisang mas kirana yang dilakukan oleh PT Perkebunan Nusantara XII pada 2016, jumlahnya mencapai 18 ton per minggu dengan tujuan Tiongkok, bahkan menurut PTPN XII, jumlah tersebut dinilai masih belum cukup untuk menuhin kebutuhan masyarakat di sana. Karena memiliki karakteristik ukuran, rasa dan warna kulit yang kuning cerah.

Pisang mas kirana ini diminati pasar domestik maupun pasar global. Pisang mas ini juga telah ditetapkan sebagai varietas unggul nasional oleh Kementerian Pertanian lewat SK Menteri Pertanian nomor 516 Tahun 2005.



Videografis Terkait