Lihat Semua : videografis

Bagaimana Angka Pengangguran di Indonesia?


Dipublikasikan pada 4 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Putri Isnur / Desain : Irfan Nur Rahman /   View : 1.438

Indonesiabaik.id - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pengangguran di Indonesia pada Agustus 2023 adalah 7,86 juta orang. Dibandingkan dengan Agustus 2022, angka ini mengalami penurunan sebanyak 0,54%, dari 8,42 juta menjadi 7,86 juta orang.

Penurunan ini mencakup kedua jenis kelamin, dengan tingkat pengangguran laki-laki turun 0,5% menjadi 5,42%, dan tingkat pengangguran perempuan turun 0,6% menjadi 5,15%.

Dari segi wilayah, tingkat pengangguran di perkotaan pada tahun 2023 mencapai 6,4%, turun dari 7,74% pada tahun sebelumnya. Namun, di pedesaan, tingkat pengangguran mengalami peningkatan dari 3,43% menjadi 3,88%.

Pengangguran di Indonesia dibagi menjadi empat kelompok, termasuk mereka yang mencari pekerjaan, mempersiapkan usaha, tidak mencari pekerjaan karena merasa tidak mungkin dapat pekerjaan, dan yang sudah punya pekerjaan tapi belum mulai bekerja.

Upaya pemerintah untuk menurunkan angka pengangguran diantaranya adalah melibatkan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat, peningkatan produktivitas melalui pendampingan wirausaha, perbaikan akses, mutu, dan relevansi pendidikan dan pelatihan vokasi, serta kerja sama dengan Organisasi Buruh Internasional (ILO) untuk pengawasan hubungan industrial.



Videografis Terkait