Lihat Semua : videografis

Baduy Resmi Jadi Wilayah Blankspot?


Dipublikasikan pada 8 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Putri Isnur / Desain : Irfan Nur Rahman /   View : 762

Indonesiabaik.id - Salah satu suku di Indonesia yang bisa bertahan hidup tanpa listrik dan internet yaitu “Suku Baduy”. Kementerian Kominfo secara resmi memutus layanan internet di wilayah Baduy Dalam, Banten. Pemutusan internet itu sesuai permintaan para tetua adat suku Baduy Dalam.

Pada pertengahan 2023, Tetua adat Suku Baduy mengirim surat pada Bupati Lebak terkait permohonan agar sinyal internet itu dihapus di wilayah mereka. Surat itu ditandatangani oleh sejumlah tetua adat Baduy, yaitu Tangtu Tilu Jaro Tujuh, Wakil Jaro Tangtu, Tanggungan Jaro 12, Wakil Jaro Warega, dan Jaro Pamarentah atau Kepala Desa Kanekes pada 1 Juni 2023 lalu.

Dan akhirnya, permintaan tersebut dikabulkan oleh Kominfo pada bulan September lalu. Pemutusan internet itu dilakukan bekerja sama dengan operator seluler Indosat Ooredoo Hutchison dan pemerintah daerah. Salah satu alasan pemutusan layanan internet tersebut adalah karena masyarakat setempat menyebut internet berpotensi merusak nilai-nilai yang udah dijaga suku Baduy Dalam dari generasi ke generasi.



Videografis Terkait