Lihat Semua : videografis

Ada Cerita Menarik dibalik Proklamasi?


Dipublikasikan pada 10 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Putri Isnur / Desain : Putri Isnur /   View : 1.861

 

Indonesiabaik.id - Sebentar lagi kita akan merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Nah, ternyata ada beberapa cerita menarik di balik naskah proklamasi itu, lho.

Kalau naskah asli proklamasi yang ditulis tangan oleh Presiden Soekarno itu ternyata sempat dibuang ke tempat sampah. Jadi ceritanya, setelah Bung Karno selesai menulis naskah proklamasi, naskah itu selanjutnya diketik oleh Sayuti Melik menggunakan mesin tik.

Tapi setelah selesai mengetik, Sayuti Melik membuang naskah tersebut ke tempat sampah karena dikira naskah berbentuk tulis tangan itu sudah tidak digunakan lagi.

Tapi untungnya naskah tersebut berhasil diselamatkan oleh BM Diah, seorang wartawan asal Aceh yang ikut dokumentasi proklamasi. Dia menemukan naskah itu pada tahun 1945, dan naskah tersebut disimpan selama 47 tahun hingga akhirnya diserahkan ke Museum Nasional pada tahun 1992.

Cerita menarik selanjutnya adalah rekaman proklamasi Bung Karno. Kalau selama ini SohIB mengira rekaman proklamasi itu direkam langsung, maka jawabannya salah. Jadi, rekaman proklamasi yang biasa kita dengar itu ternyata diambil pada tahun 1951 di studio RRI (Radio Republik Indonesia). Sebab kenapa tidak direkam langsung karena pada tahun itu indonesia belum punya teknologi canggih.



Videografis Terkait