Lihat Semua : infografis

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Indonesia


Dipublikasikan pada 2 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Chyntia Devina /   View : 2.039


indonesiabaik.id - Pertumbuhan tempat isi ulang daya listrik atau disebut Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), diproyeksikan akan terus meningkat hingga 2030.

Berapa Jumlah SPKLU di Indonesia?

Jumlah kendaraan listrik di Indonesia hingga 2022 yaitu sebanyak 22.671 unit, terdiri dari 19.689 unit motor listrik, 2.654 unit mobil listrik, 270 unit kendaraan roda tiga listrik, 19.698 unit bus listrik dan 6 unit pengangkut kecil listrik.

Sementara itu, jumlah SPKLU yang tersedia di Indonesia semakin bertambah hingga akhir Agustus 2022.yaitu sebanyak 346 unit yang tersebar di 295 lokasi seluruh Indonesia.

Jumlah SPKLU Terus Ditambah

Infrastruktur pengisian daya untuk kendaraan listrik menjadi penting, rencananya akan digencarkan 3 skema, yaitu dengan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Sistem Home Charging dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

Penyediaan infrastruktur ini merupakan bukti nyata keseriusan Indonesia dalam mewujudkan transisi menuju energi berkelanjutan yang merupakan salah satu isu prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia.

Untuk itu, Pemerintah akan terus menambah jumlah SPKLU di berbagai lokasi. Pertumbuhan jumlah SPKLU ini ditargetkan mencapai 24.720 unit pada tahun 2030.



Infografis Terkait