Lihat Semua : infografis

Pemuda Dominasi Penduduk Indonesia


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 12.736


Indonesiabaik.id - Pemuda adalah warga negara Indonesia yang berumur 16 sampai 30 tahun (Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan). Keberadaan pemuda tidak dapat dipungkiri bagaikan dua sisi mata uang yaitu dapat menjadi potensi namun juga dapat menjadi tantangan bagi pembangunan.

Menariknya, Berdasarkan hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Badan Pusat Statistik (BPS), pada Maret 2022 ternyata mayoritas penduduk Indonesia masuk kategori pemuda.

Pemuda di Indonesia

Pada tahun 2022, terdapat sekitar 65,82 juta jiwa atau hampir seperempat (24,00%) penduduk Indonesia berada di kelompok umur antara 16-30 tahun atau disebut sebagai pemuda. Persentase pemuda menurun sekitar 0,79 persen poin dibandingkan 10 tahun lalu (24,79%). Kendati demikian, dalam tiga tahun terakhir persentase pemuda terus meningkat.

Namun, jika dilihat berdasarkan kelompok umurnya, pemuda Indonesia paling banyak berada di kelompok umur 19-24 tahun (40,10%) dan kelompok umur 25- 30 tahun (39,56%).

Rentang kelompok umur tersebut merupakan waktu pemuda menjalani pendidikan tinggi dan bahkan ada yang sudah mempersiapkan untuk masuk dalam dunia kerja dan perkawinan. Sedangkan di kelompok umur 16-18 tahun hanya sekitar 20,34 persen pemuda.

Dengan banyaknya pemudi di Indonesia, diharapkan menjadi energi dari pembangunan yang dapat membuat Indonesia bertransformasi menjadi negara maju dan sejahtera. Untuk itu penting adanya bagi pemuda dalam mempersiapkan diri agar dapat berkontribusi secara positif terhadap bangsa dan negara loh!



Infografis Terkait