Lihat Semua : infografis

Dua Tahun Berturut-turut Indonesia Jadi Destinasi Ramah Muslim Terbaik


Dipublikasikan pada one month ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 1.133


indonesiabaik.id - Indonesia kembali menyabet penghargaan sebagai destinasi paling ramah Muslim di dunia tahun ini. Dalam ajang Mastercard-CrescentRating Global Muslim Travel Index (GMTI) 2024, Indonesia dinobatkan sebagai destinasi wisata Top Muslim Friendly Destination of The Year 2024 atau Destinasi Wisata Ramah Muslim Teratas Tahun 2024.

Dari 145 destinasi yang dianalisa, Indonesia berhasil mendapat peringkat pertama sebagai destinasi wisata yang ramah untuk wisatawan Muslim. Indonesia menduduki peringkat pertama dalam dua tahun berturut-turut pada 2023 dan 2024.

10 Negara Destinasi Ramah Muslim Terbaik

Indonesia dan Malaysia memperoleh skor 76 dari skor maksimal 100. Disusul dengan Arab Saudi dengan skor 74, Turki dengan skor 73, dan Uni Emirat Arab dengan skor 72. 

Kemudian, disusul dengan negara yang dikenal karena warisan budaya dan Islamnya yang kaya yaitu Qatar dengan 71 poin. Lanjutnya, terdapat beberapa negara dengan poin kembar yaitu Iran dan Yordania dengan 67 poin serta Brunei Darussalam dan Oman dengan 1 poin dibawahnya yaitu 66 poin.

Aspek Penilaian

Tim peneliti GMTI melakukan penilaian terhadap destinasi wisata berdasarkan empat kriteria utama, yaitu Akses, Komunikasi, Lingkungan, dan Layanan (ACES).

Dari aspek penilaian tersebut, Indonesia berada di posisi teratas sebagai destinasi populer bagi wisatawan Muslim, bersama dengan Malaysia. Selain itu, destinasi-destinasi lainnya di Asia Tenggara juga masuk daftar peringkat 10 teratas.



Infografis Terkait