Lihat Semua : infografis

Masyarakat Indonesia Semakin Digital!


Dipublikasikan pada one month ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 835


indonesiabaik.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan Indeks Masyarakat Digital Indonesia 2023 yang mengukur skill dan literasi digital masyarakat. Indeks ini memberikan gambaran kemampuan digital masyarakat Indonesia, infrastruktur digital, hingga serapan teknologi digital di kehidupan sehari-hari dan pekerjaan

Indeks Masyarakat Digital (IMD) 2023

Dari Indeks Masyarakat Digital (IMD) Indonesia tahun 2023 didapatkan bahwa terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya sebesar 5,38. Jika pada tahun 2022, IMDI tercatat sebesar 37,80, tahun 2023 IMDI mengalami peningkatan menjadi 43,18.

IMDI merupakan suatu pengukuran tingkat kompetensi dan keterampilan masyarakat dalam penggunaan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari maupun terkait pekerjaannya. Indikator dari IMDI merupakan bentuk implementasi yang diadopsi oleh "G20 Toolkit for Measuring Digital Literacy and Digital Skills" yang terdiri dari 4 pilar yakni pilar infrastruktur dan ekosistem, pilar keterampilan, pilar pemberdayaan, dan pilar pekerjaan.

Skor Indeks Masyarakat Digital 

Indeks Masyarakat Digital Indonesia mendapat nilai rata-rata 43,18 dari skor maksimum 100. Rata-rata ini didapat dari sejumlah pilar yakni:

  • Pilar Infrastruktur dan Ekosistem : 57,09

  • Pilar Keterampilan Digital : 56,59

  • Pilar Pemberdayaan : 26,19

  • Pilar Pekerjaan : 32,14

Hal ini menunjukan bahwa saat ini masyarakat digital Indonesia sudah cukup baik dalam bidang digital karena ditunjang oleh infrastruktur digital di Indonesia.

Sebagai informasi, Skor IMDI 2023 diperoleh melalui data primer dan sekunder. Data primer berupa kuesioner yang diisi oleh 18.362 responden individu (usia 15-64 tahun) dan 11.077 responden industri.



Infografis Terkait