Lihat Semua : infografis

Kereta Api Pertama di Sulawesi


Dipublikasikan pada 2 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Chyntia Devina /   View : 1.155


indonesiabaik.id - Kementerian Perhubungan menguji coba pengoperasian terbatas kereta api (KA) pertama di Sulawesi, (29/10/2022).

KA Jalur Makassar-Pare-pare

Jalur kereta api Makassar-Pare-pare memiliki panjang lintasan kurang lebih 145 kilometer yang merupakan tahap pertama dari pembangunan jalur kereta api Trans-Sulawesi dari Kota Makassar menuju Kota Parepare.

Kereta jalur ini merupakan bagian dari jaringan kereta api Trans Sulawesi yang akan menghubungkan seluruh Sulawesi. Kereta dengan kecepatan maksimal mencapai 60 km/jam ini memiliki nilai investasi sebesar 8,25 triliun.

Uji Coba KA Jalur Makassar-Pare-pare

Selama masa uji coba pengoperasian terbatas tersebut, kereta api Andalan Celebes dapat ditumpangi masyarakat untuk lintas Stasiun Garongkong hingga Stasiun Mangilu. Adapun lintas sebaliknya Stasiun Mangilu menuju Stasiun Garongkong akan dilayani oleh KA Lontara.

Keberangkatan KA Andalan Celebes dan KA Lontara akan dilakukan masing-masing satu kali setiap hari dan berangkat pukul 10.18 WITA dari Stasiun Garongkong dan pukul 16.05 WITA dari Stasiun Mangilu.

Pada tahapan awal uji coba pengoperasian terbatas itu, sepanjang 66 km jalur KA akan dilalui oleh kereta yang dapat diakses masyarakat melalui 7 stasiun. Ketujuh stasiun tersebut mencakup Stasiun Garongkong, Stasiun Barru, Stasiun Tanete Rilau, Stasiun Mandalle, Stasiun Ma’rang, Stasiun Labakkang, dan Stasiun Mangilu.



Infografis Terkait