Lihat Semua : infografis

Keren! Indonesia Jadi Negara Paling Dermawan di Dunia


Dipublikasikan pada 3 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 2.388


Indonesiabaik.id - Indonesia kembali menjadi negara paling dermawan di dunia pada 2023. Berdasarkan World Giving Index (WGI) yang dirilis Charities Aid Foundation (CAF), Indonesia berada di posisi pertama dengan skor 68 poin. Hal itu membuat Indonesia menjadi negara paling dermawan selama enam tahun berturut-turut.

Indonesia Negara Dermawan

Secara 6 tahun berturut-turut, Indonesia dapat penghargaan negara paling dermawan dengan peningkatan skor. Berdasarkan laporan yang sama oleh WGI oleh CAF, pada 2018 Indonesia mendapatkan skor rata-rata sebesar 59%, pada 2019 sebesar 59%, pada 2020 sebesar 69%, dan pada 2021 memperoleh skor 69%. Sementara itu, pada 2022 Indonesia mendapat skor sebesar 68%.

Indonesia berada di peringkat pertama dengan skor WGI sebesar 68%. Selanjutnya, ada Kenya yang memiliki skor WGI sebesar 60 poin pada tahun ini.  Liberia dan Amerika Serikat berada di urutan selanjutnya dengan skor WGI yang sama-sama sebesar 58 poin.

Kemudian, Myanmar dan Kuwait sama-sama memiliki skor WGI sebesar 57 poin. Sementara, Kanada menempati urutan kedelapan dalam daftar negara paling dermawan di dunia pada 2023. Negara di Amerika Utara itu memperoleh skor WGI sebesar 54 poin.

Adapun, CAF menggunakan sejumlah indikator untuk menentukan tingkat kedermawanan suatu negara. Beberapa di antaranya persentase menolong orang yang tidak dikenal, persentase jumlah donatur, dan kegiatan sukarelawan.



Infografis Terkait