Lihat Semua : infografis

Hati-Hati HOAKS Pemilu!


Dipublikasikan pada 3 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 2.490


Indonesiabaik.id - Tiga bulan menjelang kontestasi Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden 2024, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mengidentifikasi total 101 isu hoaks yang beredar mengenai Pemilu sejak Januari 2023 hingga 26 Oktober 2023.

Sebaran Hoaks Pemilihan Umum

Kominfo mencatat sepanjang tahun 2022 hanya terdapat 10 hoaks pemilu. Namun, sepanjang Januari 2023 hingga 26 Oktober 2023 terdapat 98 isu hoaks pemilu. Artinya, terjadi peningkatan hampir 10 kali lipat isu hoaks dibanding tahun lalu.

Selain itu, dari data di atas bisa disimpulkan terjadi fluktuatif penyebaran hoaks pemilu dari Juni, menurun di September, dan meningkat lagi pada Oktober 2023. Karenanya, kondisi itu harus menjadi perhatian bersama. Pasalnya, keberadaan hoaks mengenai Pemilu tidak hanya menurunkan kualitas demokrasi namun berpotensi memecah belah bangsa.

Platform Terbanyak

Berdasarkan platformnya, sebaran konten terindikasi hoaks pemilu paling banyak ditemui di Facebok, yaitu 455 konten. Kemudian, penemuan konten hoaks pemilu juga banyak dijumpai di TikTok, yakni sebanyak 25 konten.

Disusul temuan konten hoaks pemilu di YouTube dan Snack Video dengan jumlah yang sama sebanyak 17 konten; Twitter 11 konten; dan Instagram 1 konten.

Tips Tangkal HOAKS

Adapun beberapa tips menangkal hoaks, diantaranya:

  1. Cermati situs yang akan dikunjungi (pastikan mendapat informasi atau pemberitaan yang bersumber dari situs resmi dan terverifikasi kebenarannya).
  2. Membaca berita secara utuh (jangan terkecoh dengan judul-judul pemberitaan provokatif, seringkali informasi yang disampaikan antara judul dengan isi berbeda).
  3. Cross check informasi (pastikan baca beberapa sumber media, untuk meyakinkan kebenaran informasi yang telah dikonsumsi)
  4. Ikuti akun pemeriksa fakta (ikutilah akun-akun pemeriksa fakta seperti Jabar Saber Hoaks, Mafindo, Cekfakta.com agar terhindar dari berbagai isu hoaks).


Infografis Terkait