Lihat Semua : infografis

Cara Penulisan Singkatan Atas Nama yang Benar


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 82.870


Indonesiabaik.id - Singkatan frasa atas nama dan dengan alamat sering dijumpai dalam surat, baik surat resmi maupun surat dinas. Bentuk singkatan frasa-frasa itu bermacam-macam. Ada yang menyingkat dengan a.n., d.a., dan ada pula yang menyingkatnya dengan a/n, d/a.

Penulisan singkatan atas nama yang benar

Kaidah penulisan singkatan secara tertulis ada dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan yang disusun oleh Tim Penyusun Pusat Bahasa (2002:17). Dalam buku itu disebutkan bahwa penulisan singkatan setiap frasa atau istilah umum yang terdiri atas dua kata ditulis menggunakan huruf kecil dan disertai tanda titik di setiap singkatan kata.

Dengan demikian, penulisan singkatan tidak diperkenankan menggunakan garis miring karena garis miring digunakan untuk penulisan di dalam nomor surat, nomor pada alamat, dan penandaan masa satu tahun yang terbagi dalam dua tahun takwim atau tahun ajaran. Selain itu, garis miring juga digunakan sebagai pengganti kata atau, tiap, dan ataupun.

Selain itu, penggunaan huruf kecil dilakukan karena penggunaan huruf capital untuk singkatan hanyalah untuk badan atau pun organisasi, lembaga pemerintah, nama dokumen resmi dan sebagainya seperti DPR, PBB, WHO.



Infografis Terkait