Lihat Semua : infografis

CARA Cek E-Meterai Asli atau Palsu


Dipublikasikan pada 5 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 30.934


Indonesiabaik.id - E-Meterai kini digunakan dalam berkas pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2023. Karena itu, penting bagi peserta seleksi dan masyarakat untuk selalu mengecek keaslian meterai sebelum digunakan.

Cara Mengetahui Meterai Palsu

Cara mengecek keaslian meterai elektronik dapat dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya men-scan menggunakan aplikasi Peruri Scanner, mengklik gambar e-meterai pada aplikasi pdf reader atau menguploadnya pada website verifikasi pdf milik Peruri di verification.peruri.co.id.

Selain itu, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Peruri Scanner atau laman verification.peruri.co.id
  2. Unggah dokumen yang telah dibubuhi e-meterai
  3. Klik captcha "I'm not a robot"
  4. Klik "Upload PDF"
  5. Tunggu proses pengecekan

Pentingnya, masyarakat perlu mengetahui komponen dan ciri khas e-Meterai yaitu:

  • Memiliki kode unik berupa nomor seri
  • Terdapat gambar Garuda Pancasila
  • Terdapat tulisan "Meterai Elektronik"
  • Angka dan tulisan yang menunjukkan tarif bea meterai yakni "10000" dan "Sepuluh Ribu Rupiah"

Tips Agar Terhindar dari Penipuan

Pembelian e-meterai sebaiknya langsung melalui distributor resmi dari Peruri dan menghindari pembelian melalui e-commerce.

Selain melalui para distributor, masyarakat juga dapat membelinya melalui retailer resmi. Berdasarkan PMK nomor 133 tahun 2021, harga meterai yang dijual melalui distributor sama dengan harga kopur yaitu senilai Rp10.000.

Kemudian, dokumen yang digunakan untuk dibubuhkan meterai elektronik hanya dapat berupa format pdf, karena itu jika ada penjual meterai elektronik yang meminta dokumen dalam bentuk selain pdf, patut dicurigai bahwa meterai yang dijual tidak asli dan sebaiknya tidak untuk diteruskan.



Infografis Terkait