Lihat Semua : videografis

Terbaru, Presiden Joko Widodo Dapat 2 Gelar Adat


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Alfin Ardian /   View : 1.131

indonesiabaik.id - Presiden Joko Widodo dianugerahi gelar “Dada Madopo Malomo” oleh Sultan Ternate yang memiliki arti pemimpin besar.

Dua Gelar Adat Terbaru

Terbaru, Presiden Joko Widodo dianugerahi gelar “Dada Madopo Malomo” oleh Sultan Ternate pada 28 September 2022. Gelar itu diberikan dalam moment mengawali kunjungan kerjanya di Provinsi Maluku Utara dengan mengunjungi Kedaton Sultan Ternate, Kota Ternate.

Gelar "Dada Madopo Malomo" bermakna seorang pemimpin besar yang lebih mengedepankan kearifan dan bijaksana. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga telah dinobatkan sebagai Pangeran Kesultanan Ternate dengan gelar Kaitjil, atau gelar pangeran garis kesatu dari Sultan Ternate.

Penganugerahan gelar kali ini menjadi istimewa, karena sebelumnya Presiden Joko Widodo baru saja menerima gelar kehormatan adat La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara dari Kesultanan Buton pada 27 September 2022.

Sehingga, dalam waktu dua hari Presiden mendapat dua gelar adat kesultanan. Jika dihitung hingga kini, maka Presiden Joko Widodo telah mendapat gelar adat sebanyak 8 kali sejak 2015 lalu.

Gelar Adat Bagian dari Tradisi

Usai mendapatkan gelar adat dari Kesultanan Ternate, Presiden Joko Widodo mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk tradisi yang harus dilestarikan.

Kepala Negara juga mengapresiasi Kesultanan Ternate dalam upayanya menjaga dan merawat adat, tradisi, serta kearifan lokal yang ada di wilayah Ternate. Menurutnya, menjaga adat dan tradisi merupakan hal penting untuk dilakukan karena Indonesia merupakan negara besar. Keberagaman budaya yang dimiliki Indonesia merupakan sebuah kekuatan bangsa.



Videografis Terkait