Lihat Semua : videografis

Arti Dibalik Nama Whoosh Kereta Cepat Jakarta-Bandung


Dipublikasikan pada 4 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Putri Isnur / Desain : Putri Isnur /   View : 1.675

Indonesiabaik.id - Kalau biasanya kita menggunakan kata “Whoosh” untuk menggambarkan suatu objek yang “sat set sat set”, sekarang nama itu resmi jadi nama buat Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada 21 September 2023.

Menurut Ketua Tim Panel Sayembara Desain Identitas Jenama Kereta Api Cepat Indonesia Triawan Munaf, Nama “Whoosh” sudah dapat lampu hijau dari Presiden dan jajarannya.

Kata Whoosh menggambarkan kecepatan laju KCJB yang mencapai 350 km/jam, dengan waktu tempuh Jakarta - Bandung 30-40 menit saja.

Tapi bukan cuma itu aja, ternyata nama Whoosh itu ada singkatannya loh, yaitu “Waktu Hemat, Operasi Optimal, dan Sistem Handal”.

Nah, ternyata kata Whoosh itu muncul karena percakapan bapak Presiden Jokowi, Menteri BUMN, Erick Thohir, hingga MenHub Budi Karya Sumadi. Jadi, saat mereka uji coba KCJB, selalu bilang whoosh, whoosh di dalam kereta. Selain itu, kata Whoosh juga sebagai ungkapan kegembiraan.

Rencananya nama Whoosh ini akan ditempel di kereta mulai 1 Oktober 2023 mendatang.



Videografis Terkait