Lihat Semua : motion_grafis

[Motion Grafis] Terumbu Karang Indonesia Terbaik Dunia


Dipublikasikan pada 4 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Siap Bangun Negara / Desain : Tsani Sirojul Munir /   View : 708

Indonesiabaik.id - Keindahan bahari dan hasil laut yang dimiliki Indonesia tentu memiliki kualitas terbaik. Mulai pulau yang cantik akan isi lautnya seperti terumbu karang dan tumbuhan laut. Mengapa? Itu karena Indonesia memiliki luas terumbu karang mencapai 50.875 kilometer persegi yang menyumbang 18% luas total terumbu karang dunia dan 65% luas total di Coral Triangle.

Ya, para ilmuwan telah mengidentifkasi sebuah kawasan Coral Triangle (CT) di wilayah Indo-Pasifik. Ruang lingkup kawasan ini ditetapkan berdasarkan pada kriteria bahwa adanya penemuan lebih dari 500 jenis karang di dalam wilayah perairannya. Kawasan yang berbentuk segitiga ini mencakupi seluruh atau sebagian dari wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) enam negara: Indonesia (bagian tengah dan timur), Timor Leste, Filipina, Malaysia (Sabah), Papua New Guinea, dan Kepulauan Solomon.

CT, sering juga disebut sebagai The Amazon of The Seas atau “Amazonnya Lautan” merupakan pusat keanekaragaman dan kelimpahan kehidupan laut di planet bumi. Di beberapa lokasi, CT memiliki lebih dari 75% jenis karang yang telah diketahui, 53% terumbu karang dunia, lebih dari 3.000 jenis ikan, dan sebaran hutan bakau terbesar di dunia. CT juga menyediakan tempat pemijahan dan perkembang biakan bagi ikan tuna yang menyediakan bahan baku bagi salah satu industri perikanan tuna terbesar dunia.



Motion Grafis Terkait