Lihat Semua : infografis

Vaksin Covid-19 Buatan Indonesia Bernama Indovac dan Inavac


Dipublikasikan pada 3 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Nur Halimah Syafira /   View : 5.110


Indonesiabaik.id - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyetujui dua nama produk vaksin Covid-19 buatan dalam negeri, yaitu vaksin Inavac dan Indovac.

Beda Vaksin Inavac dan Indovac

Vaksin Inavac dengan platform inactivated virus dikembangkan tim peneliti dari Universitas Airlangga bekerja sama dengan PT Biotis Pharmaceutical Indonesia. Sementara Indovac dengan platform subunit protein dikembangkan PT Bio Farma dan Baylor College of Medicine.

Kedua vaksin Covid-19 itu saat ini telah memasuki tahapan uji klinik fase III dan akan dilanjutkan dengan pemberian izin penggunaan darurat (EUA). Menurut rencana, izin darurat akan diberikan pada September.

Selain itu, Vaksin Inavac atau Merah Putih Tim Unair menggunakan vaksin inactivated virus. Vaksin Merah Putih Unair yang kemudian diberi nama Inavac sudah mulai melakukan uji klinik pada manusia sejak Februari lalu.

Sementara untuk penelitian dan uji klinik vaksin BUMN yang kemudian diberi nama Indovac rampung dilaksanakan di empat pusat studi. Yakni Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia, FK Universitas Diponegoro Semarang, FK Universitas Andalas Padang, dan FK Universitas Hasanuddin Makassar dengan total 4.050 subyek relawan secara nasional.



Infografis Terkait