Lihat Semua : infografis

Seven Summits Indonesia


Dipublikasikan pada 9 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Irfan Nur Rahman /   View : 8.141


Indonesiabaik.id - Tidak hanya terkenal gunung api nya atau sebagai jalur ring of fire, Indonesia juga dikenal memiliki banyak gunung tertinggi. Daftar puncak tertinggi di Indonesia ini membawa nama tanah air sebagai sasaran destinasi sport tourism bagi wisatawan penyuka tantangan.

Nah, saat ini, dunia memiliki daftar gunung yang termasuk dalam World Seven Summits untuk didaki. Namun tidak mau kalah, Indonesia juga memiliki daftar “Seven Summit Indonesia

Daftar Seven Summit Indonesia

  1. Carstensz Pyramid (Puncak Jaya)

Selain jadi puncak tertinggi di Indonesia, Puncak Jaya juga masuk bersama deretan gunung tertinggi di dunia loh, sebagai satu dari World Seven Summits.

Puncak Jaya memiliki ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl).

  1. Gunung Kerinci

Gunung ini memiliki ketinggian 3.805 mdpl. Tak hanya tinggi, gunung Kerinci ditetapkan sebagai World Heritage Site dengan kategori Tropical Rainforest Heritage of Sumatra. Selain itu, Gunung Kerinci juga menyandang status sebagai gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara.

  1. Gunung Semeru

Terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang, Gunung yang masuk dalam jajaran puncak tertinggi di Indonesia ini memiliki ketinggian 3.676 mdpl.

Seven Summit Indonesia ini berada di bawah pengawasan administrasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

  1. Gunung Rinjani

Rinjani merupakan gunung tertinggi di gugusan kepulauan Sunda Kecil, dan memiliki ketinggian 3.726 mdpl.

Gunung Rinjani menjadi gunung berapi aktif kedua tertinggi di Indonesia.

  1. Gunung Bukit Raya

Pulau Kalimantan juga menjadi salah satu lokasi sport tourism yang masuk dalam Seven Summit Indonesia. Gunung Bukit Raya memiliki ketinggian 2.278 mdpl dan masuk dalam jajaran puncak tertinggi di Indonesia.

  1. Gunung Latimojong

Seven Summit Indonesia juga terdapat di Pulau Sulawesi, tepatnya di Gunung Latimojong yang memiliki ketinggian 3.430 mdpl. Puncak tertinggi Gunung Latimojong berada di puncak Rantemario.

  1. Gunung Binaiya

Gunung Binaiya terletak di Kepulauan Maluku. Puncak Binaiya memiliki ketinggian 3.027 mdpl dan berada di pulau Seram, Maluku.



Infografis Terkait