Lihat Semua : infografis

Pertolongan Pertama Saat Mamalia Laut Terdampar


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 2.385


Indonesiabaik.id - Perairan Laut Indonesia merupakan perairan dengan jalur migrasi mamalia laut yang cukup aktif. Sayangnya belakangan ini sering terdengar berita tentang terdamparnya mamalia laut. Hal ini merupakan hal yang serius untuk segera ditindaklanjuti dan mendapatkan perhatian khusus dari semua masyarakat.

Pertolongan Pertama Mamalia Terdampar

Apabila mamalia laut terdampar dalam keadaan hidup, maka pertolongan yang bisa dilakukan adalah dekati mamalia laut tersebut dengan hati-hati. Kemudian, hindari untuk memegang daerah mulut dan ekor.

Lindungi lubang nafas dan mata dari pasir, air, dan benda asing lainnya, pastikan posisi lubang nafas dan sirip dorsal berada di atas. Selain itu, perlu juga lindungi sirip dada dan sirip ekor. Jika mamalia laut tersebut terdampar di pantai berpasir, gali pasir dibawah sirip dada dan badan menjadi semacam lubang, lalu isi lubang tersebut dengan air untuk mengurangi tekanan grafitasi terhadap mamalia tersebut.

Pertolongan Mamalia Laut Jika Terdampar

Jika mamalia laut tersebut terdampar di pantai berbatu (tidak berpasir) maka gunakan matras sebagai alas biota tersebut sehingga biota tersebut tidak mengalami gangguan pernafasan. Gunakan handuk/selimut basah untuk menutupi badan mamalia laut tersebut, agar biota tersebut tetap dalam keadaan lembab. Jangan tutupi lubang nafas dan sirip terutama sirip punggung.

Selain itu, jangan menyiramkan air ke dalam lubang nafas. Kendalikan masyarakat yang menonton untuk meminimalisir terjadi stres pada mamalia laut dan lindungi dari angin dan sinar matahari langsung untuk menghindari terjadinya dehidrasi.



Infografis Terkait