Lihat Semua : infografis

Mudik 2024 Termeriah Sepanjang Sejarah


Dipublikasikan pada one month ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 5.176


indonesiabaik.id — Melihat sepuluh tahun atau satu dekade ke belakang, tren jumlah pemudik dalam momen Lebaran di Indonesia bergerak fluktuatif.

Jumlah Pemudik Lebaran 2024

Kementerian Perhubungan melalui Badan Kebijakan Transportasi bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta para pakar dan akademisi di bidang transportasi telah mengadakan survei potensi pergerakan masyarakat selama Lebaran 2024 (Idul Fitri 1445 H).

Hasil Survei menyebutkan, moment Lebaran 2024 kali ini akan membawa pergerakan masyarakat secara nasional sebanyak 193,6 juta orang. Angka ini, artinya mencapai 71,7% dari jumlah penduduk Indonesia.

Apabila prediksi itu benar terjadi, maka jumlah pemudik pada Lebaran 2024 akan menjadi rekor tertinggi dibanding mudik pada Lebaran tahun-tahun sebelumnya.

Tak dapat dipungkiri bahwa Ramadhan dan Idul Fitri menjadi momentum dengan daya ungkit ekonomi yang paling besar di Indonesia, terlebih adanya tradisi mudik. Ini karena momentumnya tidak terbatas pada wilayah tertentu, namun dirayakan mayoritas masyarakat di seluruh pelosok negeri.


Kalau SohIB pengen tahu info Mudik dan Lebaran 2004/1445H, yuk cek s.id/mudikpedia



Infografis Terkait