Lihat Semua : infografis

Mereka yang Berisiko Tinggi Kena Cacar Monyet


Dipublikasikan pada 3 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Nur Halimah Syafira /   View : 1.111


Indonesiabaik.id - Penyakit cacar monyet bisa menyerang siapa saja dan berbagai usia. Apalagi, cacar monyet diketahui dapat menular melalui kontak erat, sentuhan kulit, hubungan seksual hingga melalui cairan. Terbaru, World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia menetapkan cacar monyet sebagai keadaan darurat kesehatan global.

Lantas, siapa saja yang berisiko tinggi terinfeksi cacar monyet?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut ada tiga kelompok orang yang paling rentan tertular cacar monyet. Kelompok ini harus menjaga diri sebaik mungkin karena menjadi yang paling berisiko.

Yang paling berisiko adalah orang yang tinggal dengan atau memiliki riwayat kontak erat (termasuk kontak seksual) dengan seseorang yang terinfeksi monkeypox, atau yang memiliki kontak rutin dengan hewan yang dapat terinfeksi.

Tenaga kesehatan juga memiliki risiko sehingga perlu untuk selalu menerapkan prosedur PPI (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi). Kemudian, bayi baru lahir, anak-anak, dan orang dengan gangguan kekebalan tubuh berisiko mengalami gejala-gejala lebih serius dan kematian akibat monkeypox.



Infografis Terkait