Lihat Semua : infografis

Maskot Pemilu Indonesia Tahun ke Tahun


Dipublikasikan pada 3 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Irfan Nur Rahman /   View : 3.530


Indonesiabaik.id - Dalam Pemilu 2024, masyarakat akan memilih anggota DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, serta dilanjutkan dengan pasangan presiden dan wakil presiden. 

Untuk meramaikan pelaksanaan Pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sudah merilis maskot Pemilu 2024. Ini sesuai dengan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 521 Tahun 2022 tentang Penetapan Maskot Pemilihan Umum Tahun 2024.

Maskot Pemilu

Tapi, sudah tahu belum maskot Pemilu sejak 2009- sekarang?

  1. Pemilu 2009

Maskot Pemilu tahun 2009 diberi nama Si Contreng. Maskot Si Contreng berbentuk seperti pulpen warna oranye dan abu-abu. Sesuai namanya, Si Contreng digambarkan tengah membuat tanda contreng atau centang pada sebuah kertas. Makna maskot Si Contreng adalah pemilih cukup membubuhkan tanda contreng untuk menentukan suara sah saat memilih di Pemilu 2009.

  1. Pemilu 2014

Pemilu tahun 2014 memiliki maskot bernama Si Kora karya Lilyk Sugiarti dengan judul Ayo Memilih. Maskot Si Kora berbentuk kotak suara yang biasa ada di tempat pemungutan suara. Si Kora digambarkan membawa surat suara di tangan kanannya. Di bagian kepalanya, terdapat teks ajakan untuk memilih.

  1. Pemilu 2019

Maskot Pemilu 2019 diberina nama Sang Sura karya David Wijaya. Sang Sura merupakan akronim dari Sang Surat Suara. Ini sesuai dengan penggambaran karakternya sebagai surat suara dan paku pencoblosnya yang dipegang di tangan kanan. Sang Sura mempunyai kesan tegas dan ramah. Tegas dan kuat terlihat dari garis-garis atau guratan yang tebal. Sementara kesan ramah diwakili oleh ekspresi wajahnya yang optimis dan penuh semangat.

  1. Pemilu 2024

KPU telah menetapkan maskot Pemilu 2024 pada 14 Desember 2022. Beda dari edisi sebelumnya, ada dua maskot di Pemilu 2024. Maskot Pemilu 2024 bernama Sura dan Sulu. Maskot ini menggunakan rupa sepasang burung jalak Bali. 

Sura digambarkan sebagai sosok burung jalak Bali jantan. Namanya merupakan akronim “Suara Rakyat”. Ia membawa paku pencoblosan di tangan kanan sedangkan tangan kirinya mengacungkan jari kelingking berwarna ungu tanda sudah memilih. Sedangkan Sulu digambarkan sebagai sosok burung jalak Bali betina, terlihat dari bulu matanya. Nama tersebut akronim dari "Suara Pemilu".



Infografis Terkait