Lihat Semua : infografis

Fakta Menarik Labuan Bajo, Sepetak Surga di Indonesia Timur


Dipublikasikan pada 5 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Randita Amalia / Desain : Alfin Ardian /   View : 654


Indonesiabaik.id - Pulau Samber Gelap merupakan salah satu wisata bahari dari 46 Pulau yang ada di Kotabaru, Kalimantan Selatan.

SohIB harus tahu nih, jika Pulau Samber Gelap memiliki beragam pesona alam yang memukau, lho. Yuk cari tahu!

  1. Pulau Samber Sebagai Surga Penangkaran Penyu Langka

Pulau samber gelap merupakan salah satu pulau di Kotabaru sebagai tempat penangkaran sekaligus tempat singgah bagi penyu langka, lho. Misalnya, penyu hijau dan penyu sisik. Biasanya penyu-penyu di sana sedang mengalami masa bertelur dan masa penetasan.

Pesona memukau lainnya yang bisa ditemukan di sini, SohIB dapat melihat puluhan bahkan ratusan tukik atau anak penyu yang sedang menetas dari cangkangnya dan merangkak menuju laut lepas, lho.

SohIB wajib tahu, jika penangkaran penyu langka ini merupakan bentuk upaya pelestarian hewan yang terancam punah oleh pemerintah sekitar Pulau Samber Gelap.

  1. Kekayaan Hayati yang Melimpah

Biota laut yang mendominasi Pulau Samber Gelap adalah terumbu karang yang memiliki kontur karang yang landai. Tak hanya itu, terdapat ikan kecil warna-warni seperti, barramundi, jackfish, snappe, butterfly fish, maupun ikan badut.

Hal menarik lainnya yang SohIB perlu tahu, pencahayaan matahari di Pulau Samber Gelap dapat menembus kedalam laut mencapai 10 meter,lho. Hal tersebut menjadi daya tarik bagi para pecinta diving dan snorkeling.

  1. Pesisir Pantai bersih, Gelombang Laut Bersahabat dan Pasir Pantai Lembut

Buat SohIB yang gemar bermain di pesisir pantai untuk mendapatkan spot foto yang menarik dan mendengar tentramnya suara gemuruh desiran ombak, pulau samber gelap ini wajib kamu kunjungi.

Karena, selain pantainya yang bersih, gelombang laut nya juga bersahabat, lho. Tak hanya itu,  butiran pasir pantai nya pun sangat lembut. Jadi ingin berkunjung bukan?

  1. Spot Pemancingan Ikan Tenggiri Bobot Besar

Di Pulau Samber Gelap ini, para pengunjung juga dapat menikmati dan mencoba wisata memancing. Karena, pulau ini dijadikan sebagai alternatif pengembangan wisata, khususnya pengembangan pada spot ikan tenggiri berbobot besar. Sehingga dengan pengelolaan yang cukup baik akan menjadi daya tarik bagi para pengunjung untuk memilih tempat ini sebagai wisata fishing.

  1. Siluet Pemandangan Sunset yang Menawan

Terakhir, pesona memukau yang dapat SohIB temukan di pulau ini adalah menunggu munculnya pemandangan sunset yang menawan ketika senja tiba.

Selain dapat menikmati keindahan sunset yang menawan di pulau ini, para pengunjung juga dapat memotret indahnya sunset untuk koleksi pribadi maupun diunggah ke sosial media. Wah, menarik ya SohIB!

Jadi bagaimana SohIB? Tertarik untuk mengunjungi Pulau Samber Gelap dengan segala pesona keindahannya?



Infografis Terkait