Lihat Semua : infografis

E-Sport Semakin Eksis


Dipublikasikan pada 3 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 989


Indonesiabaik.id - Istilah eSport digunakan untuk menggambarkan kompetisi video game, yang umumnya dilakukan antara para pemain profesional. Ini merupakan sebuah industri yang sedang populer, terutama di kalangan anak muda.

Saking populernya, eSport juga menjadi cabang olahraga (cabor) pada Asian Games 2023 yang telah berlangsung sejak 24 September - 2 Oktober 2023 lalu.

Jumlah Pemain E-sport Asia Tenggara

Sebagai informasi, Indonesia adalah salah satu pasar industri gim terbesar di dunia. terutama gim mobile atau permainan video yang dimainkan melalui telepon seluler, komputer tablet, ataupun konsol.

Berdasarkan data dari Esports Earnings yang dihimpun oleh Statista, Vietnam menjadi negara eSport terkemuka di dunia menurut jumlah pemain kompetisi eSport aktif dengan jumlah pemain 2.367.

Kemudian, di posisi kedua disusul oleh Indonesia dengan jumlah pemain mencapai 2.340. Ketiga, ada Thailand dengan 1.992 pemain yang kemudian disusul di posisi keempat oleh Filipina sebanyak 1.607 pemain.

Selain itu, berdasarkan laporan yang sama pada tahun 2022, jumlah penonton eSport di seluruh dunia telah mencapai 532 juta orang. Jumlah ini diyakini akan terus bertambah dan diperkirakan sudah ada lebih dari 640 juta penonton di seluruh dunia pada tahun 2025 mendatang.



Infografis Terkait