Lihat Semua : infografis

Dosis dan Lokasi Imunisasi PCV bagi Bayi


Dipublikasikan pada 2 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Nur Halimah Syafira /   View : 2.825


Indonesiabaik.id - Kementerian Kesehatan mencanangkan pemberian imunisasi PCV tingkat nasional, dengan menyasar 4,6 juta anak dan balita di seluruh Indonesia. Imunisasi PCV menjadi sangat penting. Sebab, pneumonia merupakan penyebab utama kematian pada bayi dan balita di dunia.

Dosis penyuntikan imunisasi PCV

Penyuntikan imunisasi PCV dilakukan dengan cara intramuskular atau injeksi di bagian paha kiri dengan dosis 0,5 ml. Pemberian imunisasi PCV diberikan sebanyak 3 kali. Pertama-tama yaitu saat bayi berusia 2 bulan, lalu 3 bulan, dan terakhir 12 bulan. Akan tetapi tidak semua bayi bisa mendapatkan imunisasi PCV ini.

Kemudian, Imunisasi PCV sama seperti imunisasi wajib lainnya, yakni diberikan secara gratis. Imunisasi PCV tidak hanya dilakukan di rumah sakit. Berikut ini tempat-tempat yang bisa memberikan imunisasi PCV:

  1. Posyandu
  2. Puskesmas
  3. Rumah sakit
  4. Klinik
  5. Praktik mandiri dokter/bidan
  6. Fasilitas kesehatan lainnya

Sebagai informasi, Imunisasi PCV kini menjadi satu dari 14 jenis imunisasi yang wajib diberikan untuk anak-anak Indonesia untuk melindungi dari penyakit berbahaya termasuk pneumonia atau radang paru.

Imunisasi ini juga bertujuan untuk dapat mencegah anak terkena stunting. Sebab, pneumonia tidak hanya menyebabkan radang paru namun juga mengganggu gizi penderitanya.



Infografis Terkait