Lihat Semua : infografis

Daya Saing Digital Indonesia NAIK!


Dipublikasikan pada one month ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Irfan Nur Rahman /   View : 970


Indonesiabaik.id - Upaya percepatan transformasi digital di tanah air, mendapat pengakuan dari World Digital Competitiveness Ranking (WDCR). Pasalnya, Indonesia berhasil meraih posisi ke-45 dunia pada peringkat daya saing digital, naik enam peringkat setelah sebelumnya berada pada peringkat ke-51 pada 2022.

Tren Daya Saing Digital Indonesia

Dalam lima tahun terakhir, IMD menyebutkan bahwa peringkat Indonesia terus naik hingga 11 peringkat. Pada 2019 dan 2020, Indonesia ada di posisi ke-56 dan kini naik ke posisi 45 dunia. 

Kemudian, pada 2021 Indonesia berhasil naik ke posisi 53 dunia dan di tahun 2022 Indonesia berhasil naik ke posisi 51 dunia. 

Selain itu, menurut laporan IMD WDCR yang dirilis akhir 2023, daya saing digital Indonesia lebih unggul dibanding sejumlah negara Asia lain, seperti India (peringkat 49), Filipina (59), dan Mongolia (63). Namun di kawasan Asia Tenggara, Indonesia masih kalah dari Singapura (peringkat 3), Malaysia (33), dan Thailand (35). 

Aspek yang Dinilai

Laporan IMD WDCR 2023 mengenai daya saing digital dari 64 negara dengan melihat tiga faktor utama: pengetahuan, teknologi, dan kesiapan masa depan. Berdasarkan laporan hasil riset terbaru IMD WDCR di tahun 2023 mencatat daya saing digital Indonesia mengalami peningkatan secara signifikan dibanding tahun sebelumnya.
Sebagai informasi, pemeringkatan IMD World Digital Competitiveness (WDC) menganalisis dan memberi peringkat sejauh mana negara-negara mengadopsi dan mengeksplorasi teknologi digital yang mengarah pada transformasi dalam praktik pemerintahan, model bisnis, dan masyarakat secara umum.



Infografis Terkait