Lihat Semua : infografis

Berapa Lama Sampah Plastik Bisa Terurai?


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 30.674


Indonesiabaik.id - Berbicara tentang sampah, sampah plastik masih menjadi salah satu permasalahan lingkungan di dunia. Namun, tahukah kamu? Botol plastic yang dibuang di laut, sampai tujuh turunan tidak akan habis terurai.

Sampah di laut akan mengganggu pergerakan satwa laut. Bahkan, tumpukan sampah di laut akan mencemari kejernihan dan kesegaran air laut itu sendiri.

Lantas, Berapa Lama Sampah Bisa Terurai?

Sampah Plastik mendominasi jenis sampah di masyarakat, mulai dari kantong plastik, gelas plastik, sedotan palstik dan lainnya. Plastik terbuat dari minyak bumi.

Barang-barang plastik dapat terurai di tanah 1000 tahun lamanya, sedangkan kantong plastik 10 hingga 1000 tahun. Botol plastik dapat terurai di alam sekitar 450 tahun. Untuk saat ini, plastik merupakan sampah yang paling lama terurai.

Selain itu, kaleng aluminiun butuh waktu sekitar 80 hingga 200 tahun untuk terurai sepenuhnya di alam. Biasanya, sampah kertas memerlukan waktu 2 hingga 6 minggu. Akan tetapi, jika didaur ulang, sampah kertas akan mengurangi banyak volume sampah di tempat pembuangan. 

Jenis-jenis sampah dan waktu terurainya di alam, di antaranya: Karton susu – 5 tahun Sepatu kulit – 25-40 tahun Kaleng makanan – 50 tahun Sarung tangan katun – 3 bulan Cardboard – 2 bulan Triplek atau ply wood – 1-3 tahun Wol – 1-5 tahun Produk kayu – 10-15 tahun Produk kanvas – 1 tahun.



Infografis Terkait