Lihat Semua : infografis

BEDA SERAGAM POLISI dan SATPAM


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Edy Pang /   View : 11.996


Indonesiabaik.id - Kepolisian Republik Indonesia resmi memperkenalkan seragam baru satpam berwarna krem dalam upacara HUT satpam ke-41 di lapangan Bhayangkara Mabes Polri. Sebelum berwarna krem, seragam satpam berwarna cokelat muda mengikuti seragam polisi.

Bentuk Seragam Satpam Baru

Seragam baru satpam kini berwarna krem dan berlengan pendek. Pada lengan sebelah kanan, terdapat lambang kepolisian di masing-masing wilayah satpam bertugas. Misalnya, jika satpam tersebut betugas di DKI Jakarta, maka pada seragam lengan kanannya tertera lambang Polda Metro Jaya. Begitupun dengan satpam di wilayah lain, terdapat lambang masing-masing Polda di wilayah mereka.

Lalu, di sisi kiri lengan seragam ada lambang masing-masing perusahaan tempat satpam tersebut bertugas. Selain itu, di dada bagian kanan terdapat lambang yang disertai emblem bertuliskan “Satpam,”. Kemudian, pada dada sebelah kiri tertera emblem nama anggota satpam disertai nomer induknya.

Namun, pergantian warna atasan ini tak disertai dengan perubahan warna celana. Seragam celana satpam tetap berwarna cokelat tua. Sebagai informasi, warna krem seragam satpam disebut untuk menjaga moril satpam. Perbedaan warna seragam antara polisi dan satpam adalah untuk memberi rasa bangga bagi profesi satpam.

Seragam Kepolisian RI

Berbeda dengan seragam Satpam, Kepolisian Republik Indonesia (RI) juga memiliki seragam khusus. Nah, seragam polisi yang ada di Indonesia umumnya memiliki warna baju coklat muda dan bawahan celana/rok coklat tua.

Berikut spesifikasinya:

  • Kemeja lengan pendek warna coklat muda
  • Memakai lap pundak dengan lima kancing dan kerah tidur
  • Celana panjang atau rok dengan panjang 5 cm di bawah lutut warna coklat tua
  • Topi atau fieldcap warna cokelat tua dengan emblem Tribrata dan hiasan sesuai golongan kepangkatan
  • Di dada bagian kanan, 

terdapat lambang yang disertai emblem bertuliskan “POLISI”

  • Di dada sebelah kiri, 

tertera emblem nama anggota Polisi

  • Sabuk besar (kopelriem) warna hitam dengan timang (gesper) dari logam berwarna kuning dengan emblem Tribrata
  • Backround nama berwarna hitam
  • Seragam polisi, dapat pula dipasangkan lencana dan tanda jasa lain

(bagi yang berhak)



Infografis Terkait