Lihat Semua : infografis

4 Wisata Labuan Bajo yang Jadi Super Premium


Dipublikasikan pada 2 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Abdurrahman Naufal /   View : 5.808


Indonesiabaik.id   -   Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) ditargetkan menjadi wisata super premium. Pengembangan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium telah dimulai awal 2020 ini. 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan, sejumlah kegiatan pembangunan sarana dan prasarana pendukung Kawasan Strategis PariwisataNasional (KSPN) Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berjalan sesuai target.

Apa Saja Destinasi Wisata di Labuan Bajo yang Jadi Wisata Super Premium?

  1. Pulau Komodo

Secara administratif, pulau ini berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, dan berbatasan langsung dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini merupakan habitat asli binatang komodo. Di Pulau Komodo terdapat lebih dari 2.000 ekor komodo yang hidup di alam bebas.

 

  1. Pulau Rinca

Pulau Rinca sangat mirip dengan Pulau Komodo. Memiliki fitur pantai yang indah dan beberapa bukit. Tanah di sini sebagian besar ditutupi padang rumput. Anda dapat menjumpai banyak hewan liar di sini.

 

Pantai di sini juga dihiasi beberapa karang kecil. Pulau Rinca memiliki luas sekitar 18.500 hektare, yang juga merupakan rumah tempat tinggal bagi sekitar 2.000 lebih komodo. Pulau ini menampung lebih banyak dari Pulau Komodo.

 

  1. Puncak Waringin

Labuan Bajo yang akan menjadi wisata super premium juga mempersiapkan ruang kreatif. Puncak Waringin akan menjadi ruang untuk berkarya bagi talenta ekonomi kreatif setempat. Puncak Waringin merupakan salah satu spot tertinggi di Labuan Bajo. Berada di sini, traveler dapat menikmati alam Labuan Bajo dari ketinggian.

 

  1. Goa Batu Cermin

Goa Batu Cermin merupakan destinasi wisata "perut bumi" dengan pesona batu karang yang berkilau seperti cermin karena terkena sinar matahari. Diharapkan dengan penataan kawasan ini Goa Batu Cermin dapat menjadi destinasi wisata favorit baru di NTT selain Pulau Komodo dan Labuan Bajo. 

Penataan Goa Batu Cermin meliputi pembangunan sejumlah fasilitas seperti ampiteater dan rumah budaya untuk mendukung kegiatan seni dan budaya lokal. Fasilitas lain yang juga dibangun adalah trekking point menuju goa, kantor pengelola, loket, kafetaria, area parkir, auditorium, pusat informasi, dan toilet.



Infografis Terkait