Lihat Semua : motion_grafis

Profil Penerima Gelar Pahlawan Nasional: Raden Mattaher Bin Pangeran Kusen Bin Adi


Dipublikasikan pada 4 months ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 902

Indonesiabaik.id   -   Pahlawan dari tanah Jambi dalam pemberian gelar pahlawan nasional 2020 ini bernama lengkap Raden Mattaher Bin Pangeran Kusen Bin Adi. Sosok yang memiliki banyak keahlian dari berbagai bidang. Apa saja?

Raden Mattaher memiliki kepandaian membaca dan menulis huruf Arab dan tentu juga huruf Jawi (aksara Arab untuk mengekspresikan bahasa Melayu/Jambi). 

Selain itu, beliau juga belajar seni musik hingga dikenal mahir memainkan alat musik biola, dan menjadi anggota grup orkes melayu Jambi. Selain itu, Raden Mattaher muda tumbuh dalam situasi perang Jambi. Oleh karena itu merasa tidak cukup hanya belajar ilmu rohani (agama Islam) tetapi juga perlu melatih diri ketrampilan jasmani dengan belajar bela diri dan olahraga, salah satunya menjadi pemain sepak takraw yang handal. Tidak cukup di situ, beliau juga belajar ilmu perang, kepada para panglima perang Sultan Toha Syaifuddin.

Ketika besar menjadi pemimpin, Raden Mattaher dikenal sebagai seorang yang cerdas, pemberani, saleh, religius, dan berbakat seni. Selama menjadi panglima, Raden Mattaher berhasil memimpin 9 kali pertempuran melawan Belanda yang seluruhnya dimenangkan oleh Mattaher. 

Delapan tahun menghadapi Raden Mattaher, Belanda telah banyak kehilangan personel pasukannya, senjata, amunisi, kapal, jukung, logistic dan anggaran belanja. Segala cara ditempuh tetapi masih juga belum berhasil. bersumpah akan melawan Belanda sampai tetes darah penghabisan. Semangat Raden Mattaher terus menggelora untuk melawan penjajah hingga tetes darah penghabisan.

Semangat dan perjuangannya dibarengi strategi perang Raden Mattaher dikenal unik, dan jarang dipraktikkan di daerah lainnya, yakni gerilya sungai. Ia mengamati dan mengintai lalu lintas sungai dengan cermat, dan mempersiapkan pasukannya di tempat-tempat strategis manakala ada informasi bahwa rombongan kapal/perahu tentara Belanda akan lewat. 

Hebat kan Sohib?



Motion Grafis Terkait