Lihat Semua : videografis

Pesawat N219 Buatan Indonesia Hadir di Pameran Internasional


Dipublikasikan pada 1 months ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Alfin Adrian /   View : 398

indonesiabaik.id - Pesawat N219 buatan anak negeri bakal hadir di ajang luar negeri yakni pameran Internasional Teknofest Aerospace And Technology Festival 2021 (Teknofest), di Istanbul, Turki.

Hadir Dalam Ajang Bergengsi

Teknofest  merupakan ajang tahunan pameran teknologi unggulan Turki yang diselenggarakan sejak 2018. Teknofest 2021 (Teknofest) akan dibuka pada 21-26 September 2021. Ajang ini sebagai melting point inovasi dan kemitraan berbagai stakeholders di bidang ristek, baik dari kalangan pemerintah, pusat penelitian, industri strategis hingga institusi pendidikan.

Disebutkan PTDI, keikutsertaannya dalam acara ini sebagai upaya perluasan pemasaran, kerjasama dan peningkatan penjualan berbagai produk dan jasa yang dihasilkan selama ini, khususnya pesawat CN235-220 dan N219.

Pesawat N219

N219 merupakan pesawat hasil kerja sama antara PTDI dengan LAPAN yang telah memperoleh Type Certificate pada tanggal 22 Desember 2020 lalu dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasioan Pesawat Udara (DKPPU), Kementerian Perhubungan RI. Pesawat ini telah direncanakan masuk ke tahap komersialisasi pada 2021 yang diharapkan dapat menjadi awal kebangkitan kembali industri dirgantara Indonesia.

N219 merupakan pesawat penumpang dengan kapasitas 19 orang dengan dua mesin turboprop yang mengacu kepada regulasi CASR Part 23. Pesawat ini didesain sesuai kebutuhan masyarakat terutama di wilayah perintis sehingga memiliki kemampuan short take of landing dan mudah dioperasikan di daerah terpencil, bisa self starting tanpa bantuan ground.

Tak hanya itu, pesawat ini memiliki kabin terluas dikelasnya dan serbaguna untuk berbagai macam kebutuhan seperti untuk pengangkutan barang, evakuasi medis, pengangkutan penumpang bahkan pengangkutan pasukan. Pesawat ini juga memiliki nose landing gear dan main landing gear atau tidak dapat dimasukan ke dalam pesawat saat terbang sehingga akan memudahkan pesawat melakukan pendaratan di landasan yang tidak beraspal bahkan bebatuan.



Videografis Terkait