Lihat Semua : videografis

Pemerintah Resmi Ambil Alih Pengelolaan TMII


Dipublikasikan pada 24 days ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 183

indonesiabaik.id - Pemerintah secara resmi mengambil alih pengelolaan TMII setelah 44 tahun dikelola Yayasan Harapan Kita.

Resmi Diambil Alih Negara

Terbitnya Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pengelolaan TMII, yang telah diundangkan pada 1 April 2021 menandakan bahwa pengelolaan TMII kini resmi diambil alih negara di bawah Kemeterian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

"Dalam waktu 3 bulan, pengelola yang ada sekarang ini harus memberikan laporan pengelolaan kepada tim transisi dan kemudian pengelolaan selanjutnya akan dibahas oleh tim transisi," kata Mensesneg Pratikno dalam jumpa pers virtual, Rabu (7/4/2021).

Masa Transisi Peralihan Pengelolaan

Mensesneg Pratikno mengatakan, dalam 3 bulan ini, TMII masih dalam masa transisi dari pengelolaan Yayasan Harapan Kita ke Kemensetneg. Dia memastikan, dalam masa transisi ini, TMII tetap beroperasi seperti biasanya.

"Dalam masa transisi ini, TMII tetap beroperasi seperti biasanya. Para staf tetap bekerja seperti biasanya, tetap mendapatkan hak keuangan dan fasilitas, tetap seperti biasanya. Jadi tidak ada yang berubah." ujarnya.

Pengambil Alihan Pengelolaan

Salah satu alasan pengambilan alih pengelolaan yakni rekomendasi BPK untuk memberikan optimalisasi pengelolaan aset.

Mensesneg Pratikno menegaskan, dalam masa transisi pengelolaan TMII yang seluas 1,4 juta m² atau 146,7 hektare itu, Pemerintah melalui tim transisi akan berkomitmen memikirkan inovasi manajemen yang lebih baik kepada para staf. Dan memberikan kontribusi yang lebih baik kepada masyarakat dan kepada negara.

Penyerapan Aspirasi Publik

Kemensetneg akan memfasilitasi penyerapan aspirasi publik terkait pengembangan dan pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ke depan.

Kementerian Sekretariat Negara telah membuka kanal partisipasi bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya dalam pengelolaan TMII ke depan. Pihaknya membuka kepada semua kalangan untuk dapat menyampaikan aspirasi melalui kanal media Kemensetneg (email: humas@setneg.go.id, Instagram, Twitter, dan Facebook).

Adapun harapannya pengelolaan TMII ke depan berbasis konsep 4.0, edukasi nusantara yang dikemas lebih modern, melibatkan partisipasi budayawan, seniman, duta wisata, dan duta budaya, perbaikan sarana dan prasarana, serta lebih memperhatikan lingkungan.



Videografis Terkait