Lihat Semua : motion_grafis

[Motion Grafis] Jadikan Citarum Harum!


Dipublikasikan pada 5 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Abror Fauzi / Desain : M. Ishaq Dwi Putra /   View : 1.095

Indonesiabaik.id - Sungai Citarum merupakan sungai terpanjang dan terbesar yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Dengan memiliki nilai sejarah, ekonomi dan sosial yang penting, sudah seharusnya keberlangsungan sungai patut diperhatikan. Saat ini, Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum telah terjadi pencemaran dan kerusakan lingkungan yang mengakibatkan kerugian dari berbagai aspek.

Atas pertimbangan tersebut, Pemerintah saat ini telah mengambil langkah yang tepat dengan menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum pada tanggal 14 Maret lalu.

Melalui Perpres ini, Pemerintah membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum yang isinya merupakan beberapa Kementerian dan Lembaga Pemerintah.

Tugas dari Satgas sendiri meliputi Sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang kondisi DAS Citarum saat ini, penanganan limbah dan pemulihan ekosistem, relokasi masyarakat yang terdampak DAS Citarum, koordinasi data dan informasi, melakukan inovasi sesuai dengan perkembangan Imtek, perberdayaan masyarakat, dan pencegahan serta penindakan hukum.

DAS Citarum sejauh ini mampu memenuhi kebutuhan masyarakat disekitarnya, seperti untuk kebutuhan rumah tangga, irigasi, pertanian, peternakan dan industri. Perkembangan industri di sepanjang DAS Citarum tidak dikelolanya limbah industri dengan baik merupakan salah satu penyebab pencemaran sungai.



Motion Grafis Terkait